Kamis, 30 Oktober 2014

kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet

kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet


Pada bagian ini akan dicari tahu nominal RTT dengan rentang tertentu yang sering muncul. Percobaan ini menggunakan Probabilitas Distribution Function (PDF) dan Cummulative Distribution Function (CDF) untuk mengetahui bentuk distribusi data RTT selama pengukuran dalam rentang waktu tertentu.

Fungsi Kepadatan Probabilitas

Fungsi kepadatan probabilitas (probabilty density function) merupakan suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu (s) dan dituliskan dengan:
f (s) = P (S=si)
Fungsi kepadatan probabilitas mempunyai beberapa sifat, antara lain:
  1. 0 ≤ f(si) ≤ 1, hal itu karena nilai kemungkinan berada pada range 0 s/d 1, dimana :
·         0 berarti tidakakan terjadi
·         1 berarti pastiter jadi.
  1. Jumlah fungsi dari seluruh kejadian itu adalah 1 (pasti terjadi)

Fungsi Kepadatan Kumulatif

Fungsi kepadatan kumulatif (Cumulative Density Functon) adalah suatu fungsi yang menyatakan probabilitas terjadinya kejadian sampai kejadian tertentu.  Definisi fungsi kepadatan kumulatif F(si) adalah probabilitas terjadinya semua kejadian S, mulai dari s1, sampai dengan si.

            Pertama tentukan ukuran paket yang di gunakan, yaitu 64 byte, 128 byte, 521 byte, 1024 byte. Kemudian lakukan aplikasi ping pada command prompt. Lakukan proses ping untuk ukuran di atas sebanyak 1000 iterasi. PENTING! Pada bagian ini hasil RTO tidak di perhitungkan, artinya 1000 nilai RTT harus di dapatkan. Oleh karena itu untuk antisipasi nilai RTO, naikan angka iterasinya menjadi 1100.

Dari hasil nilai 1000 RTT tersebut urutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Kemudian di tentukan nilai BIN= 25ms sebagai rentang nilai RTT pada grafik PDF dan CDF. Note:ketentuan nilai BIN akan mempengaruhi kurva yang di hasilkan, semakin kecil BIN semakin halus kurvanya.
Data PDF di peroleh dengan menambahkan nilai RTT terkecil dengan BIN, dan selanjutnya di sebut dengan range data RTT pertama. Kemudian dapatkan range data RTT sampai pada nilai RTT terbesar. Berikut hasil grafik PDF untuk masing-masing ukuran paket.


64 byte

128 byte


512 byte

1024 byte



Setelah mendapatkan grafik PDF untuk masing-masing ukuran, sekarang membuat grafik CDF sebagai akumulasi nilai PDF dengan cara menjumlahkan nilai PDF dengan range terkecil sampai range terbesar.

1)      64 byte


2)      128 byte


3)      512 byte


4)      1024 byte




Makasih!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar