Selasa, 28 Oktober 2014

WEB SERVER UBUNTU

WEB SERVER

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalah Apache.
APACHE
Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail. Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari.

Kelebihan apache:

apache ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
1. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
2. mempunyai satu file konfigurasi sehingga mudah mengkonfigurasinya.
3. mudah dalam proses instalasi apabila dibandingkan dengan web server lainnya.
    mudah dalam menambahkan periferal lainnya ke dalam platform web server.
   Kegunaan yang utama  Web server ini adalah mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi (HTTP) yang telah ditentukan.  Selain itu, web server berfungsi untuk mentransfer seluruh berkas/file dalam sebuah halaman web yang saling terkait misalnya di dalamnya terdapat teks, video, gambar dan lainnya.
Berikut merupakan bagian-bagian dari web server:
  • Apache
  • Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  • Lighttpd
  • Sun Java System Web Server
  • Xitami Web Server
  • Zeus Web Server
  • Nginx
HTML

      HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah  yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. 

Sebelum membuat web  server langkah awal adalah masuk ke terminal pada aplikasi ubuntu ketik sudo su, kemudian anda akan di mintai password. Setelah itu install apache2 dangan mengetik apt-get install apache2. Seperti berikut:



Untuk mengetahui apakah apache2 kita telah terinstall, kita dapat mengeceknya dengan cara memasukan ip pada alamat web. Ip ini dapat kita lihat dengan mengetikkan ifconfig pada terminal ubuntu.





Setelah apache2 dinyatakan terinstall kita dapat membuat direktori file pada folder www dengan perintah cd /var/www. Kita juga dapat mengganti nama alamat web server seperti siska.html dengan mengetikkan gedit siska.html.



Di dalam file siska.html, kita dapat membuat sebuah program untuk mengisi tampilan halaman web yang telah kita buat.





Sekedar informasi, tampilan halaman web dapat kita modifikasikan. Misalnya kita ingin tulisan bewarna, kita dapat membuat program berikut:





Atau ingin tulisanya bergerak ke bawah, kita juga bisa membuat program berikut:







Makasiii!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar