Rabu, 19 November 2014

membuat VOIP Server

VOIP SERVER



Voice over internet protocol (VOIP) adalah teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara lansung. Sinyal suara analaog yang kita dengar ketika berkomunikasi di telepon di ubah menjadi data digital dan di kirimkan melalui jaringan berupa paket-paket  data secara real time.
Dalam komunikasi VOIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VOIP, banyak keuntungan yang dapat di ambil diantaranya adalah, dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan internasional dapat di tekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenence dapat di tekan karena VOIP dan data network terpisah, sehingga IP phone dapat di tambah, di pindah, dan di ubuh. Hal ini di karena VOIP dapat di pasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port sendiri di sentral atau PBX.
Asterisk adalah software open source yang berjalan di linux.asterisk juga memungkinkan komunikasi antara pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones). Untuk mencoba menelepon dengan VOIP dapat menggunakan software X-LINE. X-LINE adalah sebuah aplikasi open source pendukung VOIP yang menggunakan teknologi SIP.




Prinsip kerja VOIP adalah mengubah suara analog yangg di dapat dari speaker pada komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC di teruskan melalui hub/router/ADSL modem di kirimkan melalui jaringan internet dan akan di terima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui media telepon di teruskan ke phone adapter yang di sambungkan ke internet dan bisa di terima telepon tujuan.

Langkah pembuatan VOIP server:

Masuk ke aplikasi terminal, kemudia ketik sudo su, lalu masukkan password.
Kemudian install asterisk dengan perintah berikut:
#apt-get install asterisk
Pada waktu proses install, akan muncul seperti gambar di bawah ini, masukkan kode telepon negara. Untuk indrnesia kode telepon negaranya adalah 62.



Selanjutnya edit konfigurasi file asterisk dengan perintah:
#nano /etc/asterisk/sip.conf
Edit seperti gambar di bawah:



Simpan dengan perintah ctrl+o, enter, kemudian ctrl+x untuk keluar.
Lakukan konfigurasi extension.conf dangan perintah:
#nano /etc/asterisk/extension.conf
Edit seperti gambar di bawah



Simpan dengan perintah ctrl+o, enter, lalu ctrl+x untuk keluar.
Restart esterisk dengan perintah:
#/etc/init.d/asterisk restart
Test panggilan dengan menggunakan X-LINE. Tapi sebelumnya setting X-LINE dengan masuk ke softphone dan pilih account settings. Seperti gambar di bawah ini:



Setelah konfigurasi softphone selesai, tekan ok. Test panggilan dengan memanggil 8001, dan hasilnya 8001 berdering tanda komunikasi sudah berjalan.



Selanjutnya test untuk menerima panggilan seperti gambar berikut:


Makasii!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar