Selasa, 13 Januari 2015

Video Streaming berbasis WEB

Video Streaming Berbasis WEB


Video Streaming


Video Streaming adalah istilah yang digunakan ketika melihat video di internet tampa harus men-download file video tersebut. Video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan, dan menata ulang gambar bergerak. Sedangkan streaming adalah proses penghantar data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mangakses dan menggunakan file sebelum data di hantar sepenuhnya. Jadi video streaming adalah transmisi file video secara berkelanjutan yang memungkinkan video tersebut di putar tampa menunggu file video tersebut tersampaikan sepenuhnya. Video streaming banyak di implementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau di sebut juga dengan live streaming.


XAMPP


XAMPP merupakan perangkat lunak yang banyak mendukung sistem operasi. XAMPP adalah perangkat yang menggbungkan tiga aplikasi ke dalam satu paket, yaitu Apache, MySQL, dan PHPmyadmin.
Apache => software ini bisa kita dapatkan secara gratis dan bersifat open source. fungsi dari apache adalah menampilkan halaman web sesuai dengan script php yang telah di buat sebelumnya.
PHP => bahasa pemograman yang sering di gunakan untuk web server. PHP memungkinkan pengguna atau user untuk membuat web server. PHP dapat bekerja di berbagai macam operating system.
MySQL=> sistem manajemen yang khusus di gunakan untuk mengolah database. hal ini memungkinkan SQL dapat menghapus , mengubah, dan menambah data yang terdapat dalam database.
SQL=> bahasa terstruktur yang di gunakan secara khusus untuk mengolah database.

Langkah membuat Video Streaming


  • install XAMPP pada PC anda.

  • jika XAMPP telah di install, buka XAMPP, lalu klik start pada apache. maka akan muncul tampilan berikut;

  • selanjutnya masuk ke folder tempat penyimpana XAMPP dengan cara; computer > localdisk(C:) > XAMPP1 > htdocs. kemudian tambahkan folder baru dengan nama video. folder tersebut dapat kita lihat melalui web browser dengan menggunakan ip PC.



  • pada folder video yang kita buat tadi, masukkan file video yang akan di share dan format text html yang akan di munculkan.

  • format text html di beri nama tes.html seperti berikut

  • video tersebut akan diputar menggunakan aplikasi VLC . sebelumnya lakukan pengecekan pada mozilla firefox untuk memastikan apakah aplikasi VLC sudar terintegrasi atau belom dengan cara tools > add-ons > plugins.

  • selanjutnya masukkan alamat web pada mozilla yaitu  localhost/video/nobita.mp4. maka akan muncul tempilan berikut

  • langkah di atas untuk menampilkan 1 file video. selanjutnya adalah kita akan menampilkan 2 file video.dengan cara menambahkan file html pada folder video yang telah di buat tadi.

  • ubah isi file html seperti berikut, save.

  • kemudian buka web browser dengan mengetikkan localhost/video.list.html. muncul seperti berikut:

  • berikut merupakan tampilan video dengan IP yang berbeda namun dalam satu LAN.

  • selesai


makasii!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar